Membutuhkan Jasa Pengurusan SKK Profesional? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) merupakan salah satu syarat pengajuan pendaftaran ke sebuah perusahaan atau badan usaha. Berbeda dari ijazah, SKK memperlihatkan kualitas dan skill pelamar kerja yang memudahkan penilaian bagi perusahaan. Jika Anda belum mengantunginya, ada jasa pengurusan SKK yang dapat diandalkan.

Pengurusan SKK sebenarnya mudah dan cepat, terutama kalau Anda menyerahkan kelengkapan dokumen yang disyaratkan. Namun, memilih jasa penyedia profesional membutuhkan ketelitian. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan hal-hal berikut saat mencarinya:

  1. Penyedia jasa mengantungi izin resmi

Salah satu syarat utama yang wajib dipenuhi jasa pengurusan SKK untuk beroperasi adalah sudah mengantungi izin resmi dari lembaga bersangkutan. Akan sangat berisiko menggunakan layanan dari pihak yang belum memiliki izin. Anda bisa terseret ke ranah hukum karena dokumen ilegal.

Untuk mengecek status penyedia jasa, Anda dapat memeriksa profil mereka di website. Lakukan kunjungan langsung ke kantor apabila jaraknya dekat dari lokasi Anda. Proses ini kadang memakan waktu, tetapi dijamin tak akan membuat Anda menyesal.

  1. Menganalisis layanan-layanan yang disediakan

Pembuatan SKK biasanya melalui serangkaian tahap sebelum dokumen diterbitkan. Jadi setelah memastikan izin beroperasi, Anda dapat meneruskannya dengan menganalisis setiap layanan yang mereka sediakan. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan sektor atau bidang pilihan Anda.

Sebagai contoh, apabila Anda memerlukan SKK di bidang konstruksi, periksa apa jasa pengurusan SKK menyediakan layanan di bidang tersebut. Orang-orang yang menanganinya pun harus memiliki pemahaman terkait konstruksi untuk mencegah kesalahan pembuatan sertifikat.

  1. Sesuaikan dengan bujet yang disiapkan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah bujet yang dikeluarkan untuk mengurus pembuatan SKK. Pilihlah penyedia jasa dengan tarif yang dapat disesuaikan dengan layanan dan kebutuhan. Jadi, biaya yang dikeluarkan tak terlalu besar.

Jangan cepat tergoda dengan penyedia jasa yang menawarkan tarif terlalu murah, bahkan dari rata-rata harga di pasaran. Begitu pula kalau harganya terlampau mahal. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan perbandingan untuk melihat kisaran tarif yang dikenakan.

  1. Menyediakan lebih dari satu jenis kontak

Jasa pengurusan SKK berpengalaman selalu membuka dan membangun komunikasi yang baik dengan klien-kliennya. Oleh karena itu, penyedia jasa akan menyediakan lebih dari satu jenis kontak agar Anda tak kesulitan menghubungi mereka.

Jenis kontak yang biasanya diberikan adalah nomor telepon, alamat email, dan nomor ke aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram. Ada juga yang melayani klien melalui media sosial dan chat box di website secara real-time.

  1. Baca testimoni dan ulasan dari klien lain

Jangan abaikan ulasan dan testimoni yang ditinggalkan klien-klien sebelumnya. Sebagian besar feedback mereka memang bersifat subjektif. Akan tetapi, Anda akan mendapatkan gambaran jasa pengurusan SKK dalam menangani layanan dan perlakukan mereka terhadap pelanggan.

Cukup mudah menemukan ulasan dan testimoni dari klien-klien tersebut. Anda bisa membacanya melalui website atau media sosial yang dikelola. Selain itu, menanyakannya secara langsung dapat membantu Anda menilai kemampuan penyedia jasa tadi.

Disarankan untuk melakukan survei dan riset sejak jauh-jauh hari agar Anda dapat memeriksa penyedia jasa secara maksimal. Kemudian, Anda juga punya waktu mengumpulkan dokumen dan syarat lainnya saat sepakat menggunakan layanan mereka.

Jaga juga komunikasi Anda dengan jasa pengurusan SKK walau sertifikat sudah diterbitkan. Jadi, Anda tak akan kesulitan saat membutuhkan bantuan mereka.